Menambah Penghasilan dari Internet Menggunakan Disqus

Menambah Penghasilan dari Internet Menggunakan Disqus
Seperti pada judul kali ini, saya akan sedikit membahas mengenai menambah penghasilan dari Internet menggunakan Disqus. Disqus yang saya bicarakan disini yaitu layanan comment box yang sering kita lihat dipakai beberapa situs news onlinee seperti CNN, People, dan situs layanan domain seperti Namecheap dan masih banyak lagi situs-situs ternama yang menggunakan layanan comment box ini.

Dari segi keamanan/secure untuk komentar pengunjung memang situs ini sudah tidak usah lagi di pertanyakan, fitur keamanan yang beragam yang bisa mencegah para spammer melalui komentar melalui Disqus ini memang patut diacungi jempol. Tapi kali ini saya tidak akan membahas masalah safety comment pada layanan ini, melainkan yang akan saya bahas yaitu cara menghasilkan uang dari layanan comment box ini.


Awalnya beberapa hari lalu saya menyempatkan mampir ke salah satu blog Danlogs.com yang kebetulan kepunyaanya mas Danang Probo Sayekti pemilik forum bersosial. Dan kebetulan kata beliau blog ini masih baru (Danlogs) dan hanya untuk melakukan testing built-in SEO frendly templates versi blogger. Pada blognya ini saya melihat comment box yang digunakan menggunakan layanan Disqus, semantara beberapa blog saya menggunakan comment box dari google+. Salah satu kelemahan comment box google + yang masih tergolong baru ini yaitu tidak adanya notify jika ada komentar baru bagi pemilik blog/web yang menggunakannya. Akhirnya saya ikut menjajal layanan komentar Disqus ini, tetapi setelah terpasang saya melihat sedikit perbedaan pada tampilan Bot post di bagian bawah comment box Disqus antara milik saya dengan milik Danlogs, kira-kira gambarannya seperti ini :

Tampilan bot post di bagian bawah comment box disqus di Danlogs.com
Tampilan bot post di bagian bawah comment box disqus di Danlogs.com

Tampilan bot post dibagian bawah comment box Disqus di web saya plengdut.com
Tampilan bot post dibagian bawah comment box Disqus di web saya plengdut.com

Dari kedua gambar diatas terlihat bahwa Bot post yang ada pada Danlogs menampilkan link postingan beserta komentar dari Danlogs sendiri, sementara pada gambar kedua yang saya pasang di web saya yaitu plengdut menampilkan link post dari web yang saya tidak kenal asalnya dari mana. Akhirnya saya memutuskan untuk bertanya kepada pemilik Danlogs mengenai masalah perbedaan tampilan ini, kemudian di jawab mas Dan bahwa tampilan milik saya itu terjadi karena saat saya memasang comment box ini, pilihan Discovery-nya tanpa sengaja saya aktifkan, sehingga muncul link-link promosi dari situs lain, sementara jika di nonaktifkan maka yang muncul link discovery dari web kita sendiri seperti yang ada pada Danlogs. Tapi keuntungan dari mengaktifkan link discovery dari web lain ini kita akan dibayar via paypal, western union dan wire transfer. Berhubung bisa menambah penghasilan, akhirnya saya putuskan untuk mengaktifkan discovery pada web plengdut, sementara web pribadi saya yang ini tidak saya aktifkan discoverynya.

Untuk memperoleh penghasilan dari disqus ini bisa dilakukan saat pertama kali kita mendaftarkan situs web/blog yang mau dipasangi Disqus ini dan mencentang bagian bawah mengenai pilihan discovery:

Tampilan awal saat register web/blog
Tampilan awal saat register web/blog
Atau bisa juga option discovery-nya diaktifkan melalui menu Admin >> setting >> dan klik tab menu Discovery, kira-kira gambarannya seperti ini :


Tampilan menyetting discovery melalui account kita di disqus


Pada bagian bawah dari tampilan diatas akan ada settingan untuk discovery yang kira-kira seperti ini:

Tampilan seting discovery
Tampilan seting discovery
 Kira-kira arti dari settingan tersebut seperi ini (dari kanan ke kiri) :

  1. Just Comments : Jika kita meng-aktifkan pilihan ini maka kita hanya menggunakan comment box seperti biasa, tanpa ada penghasilan.
  2. Increased traffic : jika menu ini yang diaktifkan maka kita akan mendapatkan tambahan traffik melalui discovery yang dibuat bot post pada bagian bawah box comment tentang link-link post pada web/blog kita sendiri.
  3. Increased traffic and revenue : jika menu ini yang diaktifkan maka selain dapat traffic kita juga bakal dapat earning/penghasilan melalu discovery dari web lain yang dihitung berdasarkan traffic view pengunjung, jadi semacam cpm.
  4. Maximum Increased traffic and revenue : menu yang ini hampir sama dengan yang ketiga, tetapi pada menu ini earning/penghasilan yang di dapat lebih tinggi dikarenakan jumlah click ikut juga dihitung.

Kebetulan utuk Disqus punya saya menggunakan yang pilihan point yang keempat, dan baru saya pasang kemarin sudah dapat $0,21 cuma dari traffic saja, earningnya ini bisa kita lihat dari menu Admin >> Analytics >> kemudian pilih menu tab revenue seperti pada gambar berikut:

Tampilan Analytics revenue
Tampilan Analytics revenue

Jangan lupa untuk setting paymentnya di bagian admin >> setting >> discovery pada halaman bagian bawah klik "set up or update payment method" seperti ini:

 "set up or update payment method"

Silahkan diisi data-data yang dibutuhkan dan silahkan di pilih juga metode payment mana yang mau dipakai. Kalau gak salah saat ini metode payment Disqus sudah bisa menggunakan Western Union, Paypal dan wire transfer. Selamat mencoba.

Comments

  1. Itu gambarnya langsung dapat earning ya? wah mantap :)

    ReplyDelete
  2. iya yg kmrn bru pasang belum ada 24 jam sdh dpt segitu :D earning kecil2an :p

    ReplyDelete
  3. Untuk cara instant sih sudah bagus banget, ngga usah ribet segala, lumayan bisa buat beli domain nantinya :)

    ReplyDelete
  4. iya rencananya juga gitu, dikumpulin dikit-dikit buat kl ada perlu seperti beli domain, perpanjang domain, atau yg lainnya :D

    ReplyDelete
  5. Agak OOT, barusan ujicoba microdata untuk komentar sudah muncul di SERP e tadi diubah-ubah malah hilang lagi, yang danlogs coba di tes di rich snippet tools, keren :) frontpage juga.

    ReplyDelete
  6. weeeh keren tuh, kegantengannya Danlogs sdh mulai nongol di google :D

    ReplyDelete
  7. Itu pakai microdata jadi tiap blog bisa pasang, belum pernah lihat sebelumnya (hal baru), nemu ini pas lihat database microdata, langsung coba-coba.

    ReplyDelete
  8. iya barusan ikuatan cek Danlogs, keren date-nya nongol semua

    ReplyDelete
  9. maksih infonya...

    ReplyDelete
  10. register dlu, kl sdh coba lngsung masuk sini http://disqus.com/admin/moderate pilih menu setting trs discovery seperti gmbr di atas

    ReplyDelete
  11. keren bang, selain bentuk kotak komentarnya yg ciamik bisa dapat duit lagi.....mayan buat saya yang diabaikan adsense bang.
    Tapi mau tanya nih, kalau makai komentar ini apa skor seo akan berkurang, ata menambah error pada validasi HTML5 ??
    Thanks sebelumnya

    ReplyDelete
  12. kl dri skor seo malah lebih bagus, soalnya setiap ada yg komentar dan pemilik blog membalas komentar trsbut maka si pengunjung bakal dapat notify di email mereka, seperti skrg saya sedang balas komentar ini :D jadi bisa memberikan link juice ke blog kita. sedangkan kl di moniteze biasanya link bot-nya di discovery nongol 8 link (kl gk salah) 4 di kanan (biasanya berisi link postingan blog kita sendiri yg sdh pernah dikomentarin pengunjung) dan 4 dikiri (biasanya berisi link yg di iklankan), jadi gk terlalu menggangu score seo, apalagi box komentarnya ini kyknya berupa iframe jadi gk menggangu blog, dan yg paling keren fitur filternya lengkap bngt untuk sebuah layanan komentar gratisan, misalnya fitur blocked kata2 makian, atau blocked komentar yg menggunakan link, bahkan banned ID user juga ada biar gk bisa komentar di situs kita lagi :D

    ReplyDelete
  13. oke, tapi bukannya iframe itu kurang baik untuk SEO mas.
    Sebelumnya thanks atas responnya yg cepet

    ReplyDelete
  14. iframe pemakaian wajar rata2 di iklan (iklan banner dll) dgn komentar (termasuk coment box G+ terbaru yg bisa dipakai di blogger menggunakan iframe juga), kl kita buat iframe sendiri buat postingan, itu yg gk wajar :D sama seperti popup, di google sendiri popup di sediakan di settingan komentar bawaan blogger (wajar) yg gak wajar kalau kita buat popup untuk iklan. jadi semuanya tergantung posisinya dipakai buat apa.

    ReplyDelete
  15. oh...gt toh bang, jadi selama ini saya salah kaprah donk tentang iframe, hihihi
    Thanks penjelasannya, sukses selalu ya

    ReplyDelete
  16. :D coba cek di youtube, search videonya si matt cuts (webspam head officernya google) ttg popup dgn iframe, disitu ada penjelasannya dia, selama dipakai di tmpt dan fungsinya wajar gk bakal kena pinalty dri google, soalnya platform blogger sendiri masih pakai pilihan popup di komentar defaultnya, dan iframe banyak di pakai di adchoice buat iklan. :D jadi kl popup dipakai buat iklan berarti sdh gak wajar, begitu juga kl iframe dipakai buat artikel :D

    ReplyDelete
  17. keren gan, sangat menarik nah kalo saya menulis link http://bisnisrumahan19.blogspot.com, itu masuk ke link halaman ini atau link ke disquss

    ReplyDelete
  18. gimana cara pasang disqus nya saya newbie nih,trimakasih sebelumnya :}

    ReplyDelete
  19. coba ikuti tutorial ini https://www.danlogs.com/2013/07/menambah-komentar-disqus-ke-blogger-blogspot

    ReplyDelete
  20. mantap mas bro infonya...

    www.manly.co.id

    ReplyDelete
  21. baru tahu saya ada tambang baru di komentar

    ReplyDelete
  22. maih relevankah? kok tab discoverynya gak muncul

    ReplyDelete
  23. contohnya bisa lihat di plengdut.com. Discoverynya sekarang ada di bagian setting >> menu tab ads, soalnya tampilan baru disqus sdh diupdate, jadi posisi menunya bnyk yg berubah, yg digambar atas itu tampilan disqus tahun lalu.

    ReplyDelete

Post a Comment