Mengatasi Masalah Zpanel Bandwith Limit dan Overload pada VPS

Mengatasi Masalah Zpanel Bandwith Limit dan Overload pada VPS
Masih melanjutkan pembahasan tentang zpanel yang mana pada postingan sebelumnya sudah saya berikan cara build webhosting sendiri menggunakan zpannel, dan kali ini yang akan saya bahas yaitu mengenai masalah configurasi zpanel setelah setup terutama pada perbaikan zpanel bandwith limit serta overload pada VPS.

Pada default settingan zpanel setelah kita melakukan build webhosting ini, biasanya quota limit untuk bandwith domain kita secara default tersetting pada 1000MB/month yang berarti jika pada satu bulan pemakaian melebihi angka tersebut maka secara otomatis domain web kita tidak bisa di akses dengan keterangan:

This Domain Bandwith has been Exceeded

dan pada bagian bawah keterang tersebut bisanya disuruh nunggu bulan berikutnya untuk mendapat quota yang baru agar situs/web kita bisa diakses kembali.

Fitur untuk membatasi quota bandwith ini memang sangat membantu terutama bagi yang ingin menyewakan webhosting yang di build dengan zpanel tadi ke user lain. Tapi jika webhosting yang kita build tadi digunakan sendiri, tentu hal tersebut sangat mengganggu terutama jika VPS kita sudah support bandwith sampai 2TB atau lebih tapi ternyata belum sebulan bandwith domain sudah habis karena settingan default yg membatasi quota bandwith hanya pada kisaran 1000MB=1GB sebulan sehingga bandwith pada vps tidak terpakai secara maksimal.

Untuk mengatasi masalah ini, silahkan ikuti langkah berikut:

  • Silahkan login pada zpanel kemudian klik menu tab Reseller >> Package Manager dan pada package name silahkan di klik edit untuk package name Administration

edit package menu pada zpanel

  • Selanjutnya jika sudah terbuka halaman editnya, silahkan scrool ke bawah dan cari menu Monthly Banwith Quota kemudian ganti angkanya sesuai kapasitas quota vps Anda dan save. (Kebetulan saya menggunakan 0 yang berarti unlimited atau semaksimal mungkin bandwith pada vps yang berarti 2TB bandwith pada vps saya akan digunakan semaksimal mungkin untuk web/site saya)
setting 0 untuk unlimited bandwith pada zpanel

Dari sini kita sudah tidak perlu takut lagi terkena limit warning "This Domain Bandwith has been Exceeded" pada web/site kita.

Selanjutnya salah satu fitur yang menurut saya bisa menyebabkan overload VPS kita terutama jika pengunjung web kita sudah tembus hingga angka 30k/day yaitu fitur Webalizer pada zpanel.

webalizer pada zpanel

Fitur ini sebenarnya sangat membantu untuk melihat analisa web kita, tapi seperti yang sudah kita ketahui jika kita menggunakan cms seperti wordpress atau drupal, fitur analisa web sudah ada pada masing-masing dashboard cms tersebut. Sehingga fitur webalizer ini tidak kita butuhkan lagi, selain itu dari segi kinerjanya bisa dikatakan lumayan berat karena cukup banyak makan memory sehingga sebaiknya di remove saja dengan menggunakan perintah berikut melalui SSH:

 yum remove webalizer

Jika tidak ingin teman-teman remove tidak apa-apa, tapi dari pengalaman saya, webalizer ini menyebabkan vps down karena kinerjanya yang lumayan berat, bahkan vps kita bisa kena suspend gara-gara overload ini, dan juga jika webalizer ini tidak di remove biasanya setelah vps kita down pada client vpsa bakal nunjukin proses cpu yg full terus karena efek kerja webalizer ini. Jadi kl menurut saya sebaiknya di remove saja untuk meningkatkan kinerja webhosting kita.

Kira-kira itu saja tutorial mengenai configurasi webhosting dengan zpanel kali ini, dan selamat bereksperimen.

Comments