Optimasi Susunan Title Blogger

Optimasi Susunan Title Blogger
Kebetulan semalam ada teman yang tanya-tanya mengenai susunan title blog agar lebih optimal pada search engine, jadi sekalian saja saya tuliskan sedikit tutorialnya yang saya terapkan di beberapa blog saya. Dan kebetulan juga teman saya ini menggunakan template buatan saya yang saya gunakan pada blog ini, tapi entah saya yang lupa atau salah kasih template yang lama sehingga susunan titlenya masih menggunakan default blogger (jadi penampilan luarnya sama dengan blog ini, tapi dalemannya berbeda).

Ok, langsung saja pada default title blogger yang biasa nongol di search engine biasanya mempunyai susunan seperti berikut ini: Title Blog : Judul Postingan (bisa dilihat pada contoh gambar berikut ini):

Default title blog & post pada search engine
Default title blog & post pada search engine

Jadi jika dilihat pada gambar diatas, default title blogger pada tampilan search engine memliki susunan nama blog/title blog (contoh pada gambar yaitu nama blognya: plengdut) diikuti dengan judul postingan/title post (pada gambar diatas postingannya berjudul: gagahan). 

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan susunan tersebut, malah susunan tersebut lebih kearah memperkenalkan brand Anda, akan tetapi untuk membangun sebuah brand agar bisa terkenal memang membutuhkan waktu yang cukup lama dan perlu kesabaran, sehingga saya mencoba merubah susunannya menjadi seperti ini: Judul Postingan: Title Blog yang lebih memberikan apa yang sedang dicari pengunjung (dalam hal ini judul postingan di letakkan di depan) dan diikuti dengan nama blog kita / title blog kita dibagian belakang (contohnya lihat pada gambar berikut)

Susunan Modify Judul Postingan & Title Blog
Susunan Modify Judul Postingan & Title Blog

Jadi dalam hal ini kita mencoba memberikan apa yang pengunjung inginkan/cari melalui judul yang kita sodorkan dimuka dengan harapan besok-besok bakal ingat dengan nama blognya #ngarep.. :D

Untuk melakukan modify ini, silahkan terlebidahulu masuk dashboard blogger kemudian masuk Template dan klik tombol Edit HTML kemudian tekan ctrl+f pada keyboard dan cari penggalan code berikut:

<head>
<b:include data='blog' name='all-head-content'/>
<title><data:blog.pageTitle/></title>

Kemudian pada code yang saya tandai warna merah diatas, silahkan di replace/diganti dengan code berikut:

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/> - <data:blog.title/></title>
</b:if>

Maka hasil keseluruhannya akan tampak seperti ini:
<head>
<b:include data='blog' name='all-head-content'/>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/> - <data:blog.title/></title>
</b:if>
Silahkan di save dan coba di testing menggunakan snippet tools di WMT untuk melihat posisi judul postingan dan judul blog sudah sesuai apa belum. Cukup mudah bukan? Selamat mencoba.

Comments

  1. Wah saya baru tau, makasih mastah :D hihihi

    ReplyDelete
  2. ini yang saya cari, kalau tidak baca pasti tidak bakal pernah ganti nih, nice work bro!

    ReplyDelete
  3. akakaka saya aja nyontek dri themenya si fahmi dgn danpros

    ReplyDelete
  4. hedeh.... ini efek bersosial down jadi pada kelayapan ngumpul disini :D

    ReplyDelete
  5. Hahaha.. iya tuh, itu si ncang ikutan aja-- wkwk

    ReplyDelete
  6. bukan kelayapan tapi cari pelampiasan . awkkawakw

    ReplyDelete
  7. mau mejeng di replr tapi skrg replr sudah jadi sarang spammer, banyak judul berbahas indonesia bertebaran dimana-mana :D akhirnya bikin postingan yg gak jelas di blog ini hahahaha...

    ReplyDelete
  8. udah ada "8 comments" , tidak termasuk yg ini, tapi di class comment blogger kebaca 5,, mana yang bener sih ?

    ReplyDelete
  9. yang 3 berarti masih dirahasiakan akakakakakak..... :D

    ReplyDelete
  10. bersosial sudah online lagi tuh..., sono..sono.. pergi..pergi... (ngusir pakai sapu) bahahahaha.... :D

    ReplyDelete
  11. jiakakak.... rupanya kumpul di sini semua... tempat pelarian.... :v

    ReplyDelete
  12. bukan tempat pelarian, kata si ncang tempat pelampiasan... ahahahaha..

    ReplyDelete
  13. sudah di terapkan di blog saya terima kasih :D

    ReplyDelete
  14. wah keren gan, ta'cobain dulu.. terima kasih ilmunya, terkadang hal-hal kecil itu memang terlupakan oleh kita.

    ReplyDelete
  15. ternyata komen saya di blog ini di hapus, padahal hanya mengucapkan terima kasih karena ilmu yang dibagikan, tak apalah.... (mungkin karena saya bukan siapa2) maaf saya komen lagi

    ReplyDelete
  16. komentar di blog ini menggunakan disqus, dan tidak pernah ada komentar yang saya hapus kecuali jika komentar yang ditinggalkan mengandung link secara otomatis bakal di detect disqus sebagai spam dan tidak akan pernah di publish karena settingannya saya atur seperti itu, sedangkan yg tidak mengandung link bakal langsung di publish otomatis dgn disqus :)

    ReplyDelete

Post a Comment