Menambahkan Static Pages pada Dynamic Template Blogger

Salah satu template standard blogger yang memiliki style view yang sangat bagus menurut saya yaitu Dynamic Template. Tetapi ada kekurangan pada template Dynamic yang bisa kita gonta-ganti style viewnya ini. Bagi yang sudah pernah mencoba template ini pasti sudah pada tau kalau kekurangannya yang paling mencolok yaitu pada penggunaan widget yang tidak bisa kita add sesuka hati seperti pada template-template standard blogger yang lainnya, apalagi widget iklan Adsense yang tidak bisa kita setting sendiri penempatannya pada model template ini sehingga yang menggunakan Adsense pada tipe template dynamic ini akan otomatis terpasang penempatan iklannya tanpa bisa kita setting mau ditempatkan diposisi mana iklannya.

Kebetulan malam ini sambil nungguin waktu sahur, saya mencoba belajar sedikit CSS untuk meng-oprek atau meng-edit desain template ini. Jadi kita sama-sama belajar buat editing ini template menjadi lebih enak viewnya, dan kebetulan sengaja saya tulis di blog saya ini sebenarnya bukan untuk memberikan tutorial buat pembaca, tetapi buat catatan abadi supaya kalau sewaktu-waktu saya lupa bisa langsung ke sini buat cariin tutorial ini, tapi buat pembaca yang menemukan blog ini berarti Anda sangat beruntung :D 


Ok langsung aja, pertama buat para pembaca yang sudah pernah menjajal template Standar Dynamic blogger ini pasti sudah tidak asing dengan style view yang ada pada menu header ini:

style view yang ada pada menu header dynamic template blogger

Buat pembaca yang belum tau dan belum pernah mencoba template ini, biar gak bingung bisa lihat-lihat disini https://support.google.com/blogger/answer/1229061?hl=en mengenai penjelasan dan penampakan view templatenya.

Sekarang coba kita ganti menu tersebut menjadi menu static pages. Pertama pilih dulu template dynamic view awal yang akan kita gunakan secara permanen, pilihannya terserah sesuai selera masing-masing baik itu mau yang classic, flipcard, megazine, mosaic, sidebar, snapshot atau timeslide. Setelah itu tambahkan widget pages/halaman pada layout kita di dashboard blogger, bagi yang sudah ada tidak perlu menambahkannya lagi.

Kemudian masuk dashboard blogger >> pilih blog yang mau di edit tadi >> pilih template >> kemudian klik tombol 'sesuaikan" tepat di sebelah tombol "edit HTML" (kebetulan dashboard saya menggunakan settingan bahasa Indonesia, jadi saya jelasinnya pakai bahasa Indonesia aja ya tombol-tombolnya). Jika sudah maka akan muncul halaman perancangan template blogger, kemudian pilih menu tingkat lanjut >> tambahkan css seperti yang terlihat pada gambar berikut :

perancangan template blogger

Pada bagian box tambahkan css masukkan code css berikut ini untuk meremove style view pada dynamic template dan otomatis menggantinya dengan static page:

#header #views {
display: none;
}

#header #pages:before {
border-left: 0px;
}

#header #pages {
margin-left: 14px;

Kemudian setelah ditambahkan tekan tombol "terapkan ke Blog" pada pojok kanan atas yang berwarna orange. Jika sudah maka tampilannya akan berubah menjadi seperti ini:

Tampilan hasil editing penambahan static page pada blogger
Tampilan hasil editing penambahan static page pada blogger

Kebetulan ini blog milik saya yang sering saya jadiin kelinci percobaan untuk melakukan testing css atau desain template, sedangkan isinya gk perlu dibahasa soalnya 100% super duper ngawur. Ok sekarang page static sudah ada pada dynamic template dan viewnya sudah menjadi permanen dan tidak bisa dirubah kembali. Silahkan dicoba dan selamat bereksperimen.

Comments

  1. boleh tahu kalau ini pakai template apa ya mas? trus kalau dynamic view emang tidak bisa di buat untuk google adsense ya? thankyou :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gak salah ini dulu theme sevida yang versi jadul, karena banyak yang error akhirnya diutak-atik sendiri, kl yang versi baru bisa dilihat disini http://themeforest.net/item/sevida-responsive-magazine-blogger-template/4604301 kalau dynamic theme bawaan blogger yang seperti di tutorial postingan ini ttp bisa dipasangin adsense, cuma kudu langsung diaktifin dari dashboard earning bloggger, jadi gak bisa dipindah2 posisi adsnya seperti pakai widget. contohnya bisa dilihat di http://alatapa.blogspot.co.id/

      Delete

Post a Comment