Mengatur Pola Hidup Sehat

Padatnya aktivitas dalam kehidupan kita sehari-hari sudah tentu akan berpengaruh pada pola dalam hidup kita ini. Seperti kata pepatah bahwa sehat itu barang mahal di masa seperti ini, jadi mengapa kita tidak mencoba untuk mengatur pola dari hidup kita agar lebih sehat?

Sebagai contoh pola sehat pada hidup yaitu saat kita masih menginjak masa kanak-kanak. Di masa ini kita memiliki pola waktu istirahat yang cukup, dengan pola makan yang seimbang serta aktivitas bermain bersama teman-teman yang bisa membuat tubuh kita menjadi sehat.
Lari ditaman merupakan contoh dari pola untuk hidup yang sehat
Lari ditaman merupakan contoh dari pola untuk hidup yang sehat
Sekarang coba Anda bandingkan dengan kondisi Anda saat ini, dimana keseharian kita selalu dipenuhi dengan berbagai macam aktivitas kantor yang bisa menambah tingkat stress. Contoh lainnya yaitu coba bandingkan anak-anak di jaman tahun 90an dengan anak-anak di era millenium ini.

Seiring dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat dalam hidup kita, anak-anak di masa saat inipun mulai beralih pada permainan-permainan berteknologi canggih tersebut. Sebut saja salah satunya tablet atau smartphone dimana bisa menyebabkan kecanduan pada anak untuk berlama-lamaan bermain gadget ini sehingga aktivitas mereka jauh dari kata hidup lebih sehat.

Bandingkan lagi dengan anak-anak di era tahun 90an. Di masa itu anak-anak lebih sering beraktivitas di luar ruangan hanya sekedar untuk bermain bersama teman-temannya. Entah itu permainan petak umpet, sepak bola atau yang lainnya. Pola bermain anak di era tahun 90an lebih ke arah aktivitas gerak tubuh sehingga bisa membantu anak dalam hidup lebih sehat. Sedangkan pola bermain anak di masa saat ini lebih kurang aktivitas geraknya sehingga jauh dari kata hidup yg lebih sehat.

Bagi Anda yang memiliki kesibukan tinggi tiap harinya, ada beberapa pola yang bisa di terapkan untuk menjaga dan mengelola hidup Anda agar semakin sehat walaupun di tengah padatnya aktivitas Anda. Ingin tahu pola apa saja yg bisa membuat hidup kita semakin sehat? Yuk kita simak beberapa tips sehat berikut ini.

1. Makanan Berserat
Coba perhatikan pola makan Anda saat ini! Jika yang Anda makan setiap harinya 70% di dominasi oleh sayuran hijau dan buah-buahan, maka bisa dikatakan hidup Anda akan semakin sehat. Akan tetapi jika pola makan Anda dalam kesehariannya lebih menyukai makanan seperti burger, hotdog atau makanan-makanan cepat saji lainnya, maka bisa dikatakan hidup Anda memiliki pola yang tidak sehat.

Langkah awal untuk memulai hidup yang lebih sehat yaitu cobalah ubah pola makan Anda. Perbanyak makan makanan berserat dan sayuran hijau serta buah-buahan dan makanan yang mengandung biji bijian seperti tempe dan tahu . Jauhi pola makan junk food (makanan cepat saji seperti burger dan lainnya) pada hidup keseharian Anda agar lebih sehat.

2. Pola Camilan
Jika ingin hidup Anda lebih sehat, cobalah mengatur kebiasaan "ngemil" atau makan camilan di saat senggang. Buat penggemar camilan seperti goreng-gorengan, atau kentang goreng dan makanan berlemak lainnya, coba ganti menu camilan ini.

Goreng-gorengan yang biasanya dijadikan camilan saat senggang ini bisa kita ganti dengan pola menu sehat lainnya seperti "ngemil" buah-buahan. Entah itu di rujak dan dimakan sambil menemani nonton tv, atau berupa juice buah. Dengan begitu, maka hidup kita akan menjadi lebih sehat, dikarenakan kegunaan buah selain banyak serat dan bisa memperlancar pencernaan juga mengandung beragam vitamin untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

3. Berat Tubuh
Tips berikutnya untuk menjaga pola dari hidup yang sehat yaitu mengenai berat tubuh atau berat badan. Seberapapun tingginya aktivitas kita, usahakan tetap menjaga agar berat badan kita tetap ideal.

Mengapa harus ideal? Bukankah yang lebih gemuk berarti lebih sehat? Jika Anda beranggapan seperti itu berarti Anda salah. Berat tubuh yang berlebihan justru biasanya merupakan awal dari berbagai macam penyakit. Misalnya orang yang memiliki berat tubuh berlebihan lebih mudah terserang penyakit kanker, diabetes, kolesterol, asam urat, dan penyumbatan pembuluh darah dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan normal.

Pola pada hidup kita yang jarang melakukan gerakan (terutama buat kalian yang bekerja di kantoran dengan keseharian hanya menatap laptop atau pc) akan menyebabkan penimbunan lemak sehingga tidak sehat bagi tubuh kita. Jauhi juga pola makan camilan berminyak seperti yang sudah di jelaskan pada tips hidup lebih sehat no.2 diatas.

4. Berhenti Merokok
Pola atau kebiasaan merokok juga sangat berbahaya bagi kesehatan. Aktivitas yang menumpuk dengan banyaknya permasalahan pada pekerjaan biasanya membawa kita ke pola kebiasaan merokok ini.

Terutama untuk kaum pria, dimana kebiasaan merokok sangat susah dihentikan dengan alasan "tidak merokok, tidak bisa berfikir". Cobalah hilangkan prinsip ini demi hidup yang sehat. Gantilah dengan prinsip "berhenti merokok, badan kita menjadi sehat, jika hidup kita sehat maka pikiran kitapun akan jernih kembali"

5. Teratur Berolahraga
Sesibuk apapun aktivitas kita, cobalah untuk meluangkan waktu untuk berolahraga. Olahraga teratur selain membuat hidup kita jadi sehat juga bisa menambah kekebalan tubuh kita dari berbagai macam penyakit. Olahraga juga merupakan cara dari diet sehat tanpa harus mengkonsumsi berbagai macam obat diet. Olahraga yang teratur juga dapat memperlancar peredaran darah di tubuh kita sehingga badan kita nantinya akan lebih fresh kembali saat beraktivitas lagi.

Cobalah mengatur jadwal untuk berolahraga ini, misal disaat kita libur bekerja, entah itu hari sabtu pagi ataupun minggu pagi. Ajaklah keluarga untuk bersepeda mengelilingi taman atau sambil berjalan-jalan hingga tubuh kita mengeluarkan keringat. Tidak perlu olahraga berat seperti harus ke fitnes dan lain sebagainya, cukup lakukan di taman atau sekitar rumah Anda bersama keluarga. Dengan begitu selain pola berolahraga hidup lebih sehat yang Anda dapatkan, kita juga sudah meluangkan waktu untuk bisa berkumpul dengan keluarga untuk refreshing sehat bersama.

6. Bahan Kimia pada Makanan
Tips dalam mengatur pola dari hidup kita agar lebih sehat yaitu jauhi makanan yang mengandung bahan kimia. Entah itu berupa pemanis buatan maupun pewarna buatan. Jauhi juga makanan yang mengandung banyak MSG.

7. Makanan Rebus
Tahukah kalian bahwa makanan yang direbus lebih banyak mengandung vitamin dan protein? Pada tips mengatur pola untuk hidup yang sehat berikutnya yaitu rajin-rajinlah mengkonsumsi sayur-sayuran atau makanan yang di rebus.

Makanan atau sayuran yg direbus ini lebih banyak mengandung vitamin dibandingkan dengan sayur-sayuran yg dimasak menggunakan minyak dalam waktu lama. Hal ini dikarenakan saat saur-sayuran dimasak terlalu lama maka akan menimbulkan efek prokarsinogen. Sehingga kandungan vitamin dalam sayuran tersebut akan rusak atau bahkan hilang.

Jika kalian pernah berjalan-jalan di tanah jawa, biasanya penduduk yang hidup di daerah pedesaan masih memiliki pola makan yang sehat. Sebut saja salah satunya menu masakan lalapan daun telo rambat atau ubi rambat. Biasanya di pedesaan, daun dari tanaman ubi rambat ini di rebus setengah matang kemudian dimakan dengan sajian sambal yang pedas sebagai lalapan.

8. Tidur Teratur
Sebuah penelitian yg dilakukan oleh Aric Prather, asisten profesor Psikiatri di Universitas California bahwa kurangnya waktu tidur dari 6 jam dapat menyebabkan tubuh Anda rentan terkena virus. Kekurang waktu tidur memiliki efek dampak kesehatan yg lebih parah dari seseorang yg merokok atau sedang stress.

Tidur yg kurang akan menyebabkan hidup seseorang menjadi tidak sehat dan mudah terinfeksi virus. Mungkin kalian sendiri pernah mengalami disaat waktu tidur kita kurang dari 6 jam, maka keesokan paginya saat bangun tubuh kita terasa seperti terkena flu. Hal ini disebabkan karena tenaga yg kita pakai terlalu di forsir sehingga daya tahan tubuhn menurun dan jadi mudah terjangkit virus. Untuk menjaga agar tubuh kita tetap sehat, cobalah untuk mengatur pola tidur yg cukup yaitu minimal 6 jam dalam sehari agar hidup lebih sehat.

Itulah tadi beberapa cara dan tips untuk mengatur pola dari hidup kita agar menjadi lebih sehat. Jadi walaupun sesibuk apapun aktivitas kita, tetaplah menjaga tubuh agar tetap sehat. Karena menurut pepatah di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, jadi selalu jaga tubuh Anda agar tetap sehat.

Comments