Konsep: Tips & Trik Pemanfaatan Catfiz Sebagai Kelas Online

Platform catfiz yang berbasis chat messenger mengalami perkembangan pesat dari tahun ke tahun. Mulai dari tampilan serta  fitur aplikasi yang terus dikembangkan tim developer catfiz hingga pertumbuhan user yang bertambah tiap harinya. Dari pertumbuhan ini munculah berbagai ide serta kreasi untuk lebih memanfaatkan fungsi sebuah aplikasi chat sebagai  keperluan sehari-hari maupun keperluan bisnis yang mampu menyentuh langsung ke konsumen tanpa batasan jarak, ruang dan waktu.

catfiz anime messenger
Mulai menggunakan catfiz sebagai alat bantu jual beli online, sebagai komunikasi serta interaksi sebuah komunitas, hingga membuat viral text yang disampaikan secara broadcast. Selain itu, ada juga yang membuat langkah baru dalam dunia pendidikan dengan memanfaatkan perpaduan antara teknologi messenger dengan kurikulum sekolah.

Kolaborasi kurikulum dalam sebuah messenger chat ini nantinya akan menghasilkan sebuah kelas online. Hal ini merupakan cara kreatif dimana dengan memanfaatkan daya tarik siswa yang umumnya gemar berinteraksi melalui komunikasi digital seperti  aplikasi chatting yang mampu mendukung pemikiran kritis mereka di samping membangun pengetahuan melalui “konstruktivisme sosial”.

Pendekatan teknologi chat ini  juga mampu menciptakan interaksi langsung siswa dengan tenaga pengajar maupun teman sekelas mereka. App chating mempromosikan kolaborasi real-time serta diskusi yang mampu menyebabkan pengolahan lebih dalam terhadap suatu materi pelajaran yang ada di sekolah mereka.

Akan tetapi, dalam mengintegrasikan teknologi ini juga diperlukan suatu perencanaan dari pihak tenaga pengajar. Perencanaan ini termasuk persiapan mencakup “rules” atau aturan beserta etika secara online sebagai proses tata tertib agar nantinya semua siswa mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dan berinteraksi di dalamnya. Sedangkan tips-tips beserta trik agar kelas online yang dibuat nantinya semakin atraktif dan menarik yaitu:

Mengundang Pembicara Tamu

Tahukah kalian bahwa catfiz messenger mampu menampung member group hingga 2000 user per group? Sebagai contoh, kita asumsikan bahwa dalam satu jurusan (misal teknik elektro) memiliki mahasiswa angkatan 2016 sebanyak 200 orang. Sedangkan dalam jurusan tersebut terdapat 5 angkatan yaitu angkatan 2012, 2013, 2014, 2015, dan 2016 dengan masing-masing angkatan memiliki 200 mahasiswa. Sehingga total mahasiswa teknik elektro ini sebanya 200x5 = 1000 orang.

Mampukah catfiz menampung 1000 mahasiswa tadi dalam suatu group yang diberi nama “teknik elektro”? Ya.., jawabanya mampu, dikarenakan dalam satu group catfiz bisa diisi maksimal 2000 user, sehingga disini masih ada sisa 1000 bangku kosong user yang belum terisi.

Lalu, bagaimana jika dalam group ini nantinya kalian mengundang seorang pembicara tamu? Jawabannya maka kalian telah membuat seminar online dalam group tersebut tanpa ada batasan ruang dan tanpa batasan waktu serta tidak perlu mengeluarkan budget yang terlalu tinggi atau bisa dikatan murahnya sebesar paket internet kalian.

Misal seorang pembicara tamu dari alumnus jurusan tersebut yang sukses dalam bidang usaha tertentu. Adanya kelas online via chat ini menyebabkan pelajar dapat berpartisipasi dari manapun dalam menimba ilmu dari pengalaman si narasumber. Kita juga nantinya bisa mengadakan sesi tanya jawab via live chat dengan pantauan moderator dari tenaga pengajar agar semua siswa mendapatkan porsi yang sama jika ingin bertanya-tanya. Di sisi lain, pelajar jadi lebih mudah merangkum maupun meringkas apa yang mereka pelajari dari rekaman diskusi chatting tersebut.

Manfaatkan Video Learning

Salah satu alat yang mampu memberikan pemahaman serta perhatian lebih di era teknologi yang berkembang pesat ini yaitu video learning. Bentuk uraian maupun contoh penjelasan menggunakan video akan mempertajam fokus pelajar pada materi belajar yang sedang di sajikan. Sehingga daya tangkap pelajar menjadi lebih tajam dengan cara melihat serta mendengar uraian materi tersebut.
Kemampuan catfiz dalam mengirimkan file hingga 500Mb menjadi fitur utama yang mampu mendukung cara belajar dengan video learning ini. Begitu juga dengan kecepatan buffer saat video ini di putar dalam aplikasi messenger serta share video tanpa melakukan reupload ulang.  

Video belajar ini juga bisa dikemas dalam penjelasan di kehidupan nyata maupun dalam bentuk animasi sesuai kreatifitas tenaga pengajar dalam menyampaikan dan menargetkan materi ke pelajar. Melalui video belajar ini diharapkan nantinya akan timbul diskusi pembahasan yang lebih interaktif dari pelajar dan tenaga pengajar.


Aktifkan Mahasiswa yang Kritis

Sebagai cara merangsang pemikiran kritis mahasiswa pada kelas online tadi, kita bisa meminta mereka untuk mengevaluasi tulisan, percakapan, video belajar maupun voice messages yang telah dibagikan pada room chat tadi. Hampir semua hal yang disampaikan dalam kelas group tadi bisa dijadikan bahan diskusi dimana mahasiswa akan lebih kritis dalam menanggapi suatu hal dan tentunya tenaga pengajar juga harus bisa menerima pemikiran-pemikiran kritis ini untuk diulas pada pertemuan berikutnya. Sehingga dari sini akan muncul interaksi yang “continue”.

Dari beberapa tips-tips da konsep tadi, kita sudah bisa membangun kelas online dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada messenger catfiz sebagai alat bantu belajar via online.

Comments

Post a Comment