Hasil Percobaan Rel Canonical Pada Blogger Platform

Beberapa waktu lalu saya mengalami sedikit masalah dengan HTML Improvements pada webmaster tools saya, dimana terjadi duplikasi url pada salah satu situs saya yang menggunakan platform blogger. Duplikasi yang terjadi ada sekitar 19 link, sedangkan contoh duplikasinya seperti ini :

/p/contact-us.html
/p/contact-us.html?m=0
Bisa dilihat duplikasi yang di crawl google tersebut sebenarnya merupakan alamat url yang sama pada halaman contact us, selain duplikasi crawl berupa m=0 yang sebenarnya sama dengan versi web halaman tersebut juga terjadi duplikasi pada halaman artikel postingan yang di share menggunakan button facebook oleh para pengunjung, biasanya di akhir url ada kode "fb" yang berarti berasal dari url share fb yang dilakukan pengunjung. Akhirnya saya mencoba untuk memperbaiki kesalahan crawl ini dengan menambahkan rel=canonical pada bagian header template saya.

Untuk info mengenai penggunaan rel=canonical yang benar bisa dilihat disini:
Tapi penggunaan tersebut merupakan contoh pemanfaatan rel canonical selain pada platform blogger. Lalu pertanyaannya bagaimanakah penggunaannya pada platform blogger?
Untuk menggunakan rel-canonical pada blogger saya melakukan beberapa pengamatan pada bagian dalam template beberapa situs yang menggunakan platform blogger, berikut hasil pengamatan pada beberapa template tersebut:
Contoh pemasangan rel=canonical pada official blog google adsense yang ber-alamatkan di www.adsense.blogspot.com
Contoh pemasangan rel=canonical pada official blog google adsense yang ber-alamatkan di www.adsense.blogspot.com
   
Contoh pemasangan rel=canonical pada  domain www.danpros.com yang menggunakan platform blogger
Contoh pemasangan rel=canonical pada  domain www.danpros.com yang menggunakan platform blogger

Contoh pemasangan rel-canonical pada Official blog webmaster central google yang beralamatkan di www.googlewebmastercentral.blogspot.com
Dari beberapa contoh diatas, ternyata penggunaan rel=canonical pada platform blogger cukup berbeda. Kemudian dari sini saya juga ikut memasangnya pada bagian header template saya mengikuti format dari pemasangan pada ketiga contoh di atas yaitu:

<link rel="canonical" href="http://example.com/">
Update: Sehingga untuk menempatkan canonical pada masing-masing postingan blog, codenya akan jadi seperti ini:

<link rel='canonical' expr:href='data:blog.url'/>

Dan hasilnya dalam waktu dua hari, duplikasi url yang di crawl langsung hilang pada bagaian webmaster tools bagian HTML Improvements. Dari 19 link yang terduplikasi tersisa 7 link duplikasi. Setelah saya amati 7 link duplikasi yang tidak mau hilang ini ternyata berasal dari sumber yang berbeda. Link ini berupa link duplikasi dari archive pencarian pada web saya, kira-kira tampilannya seperti ini:

Sedangkan dari beberapa info yang saya dapatkan di product forum google, untuk memperbaiki duplikasi ini bisa menggunakan setingan robot tag pada bagian archive blogger.


Sebenarnya bagian ini merupakan bagian settingan yang tidak pernah saya sentuh selain robots.txt, karena sangat riskan, salah setting bisa menimbulkan web/blog tidak nongol di search engine, tapi mau bagaimana lagi, akhirnya saya coba untuk mencentang bagian noarchive pada bagian halaman arsip agar tidak di crawl google. Archive sendiri biasanya berasal dari search box pada web kita. Semoga beberapa hari kedepan duplicat url archivenya bisa hilang. (masih dalam tahap percobaan)

Comments