Mengapa Penguin v.2.0 Mudah Mendeteksi Spammer

Mengapa Penguin v.2.0 Mudah Mendeteksi Spammer
Sekitar tanggal 14 bulan 5 yang lalu, head of the webspam team Google - Matt Cutts mengumumkan alogaritma baru mesin penelusur google yang diberi nama penguin v.2.0. Seperti sudah kita ketahui sebelumnya bahwa alogaritma penguin dibuat untuk memeriksa link yang berkaitan dengan suatu situs baik itu berupa link inbound maupun link outbound.

Dari beberpa news online yang saya dapat, bahwa penguin v.2.0 ini lebih efektif membasmi para spammer. Bahkan tidak hanya dari news online, tapi kabar dari beberapa teman saya yang kebetulan situsnya mengalami drop traffic hingga ada juga yang terkena banned dari google. Sedangkan penilain terhadap apa arti sebenarnya spammer itu sendiri masih tergolong relatif karena seperti dulu kala, google memang penuh dengan teka-teki dalam menilai sesuatu.


Kemudian dari sinilah beberapa situs news ternama yang membahas SEO menampilkan beberapa skema kinerja pengeuin v.2.0 ini. Berikut ini saya akan membuat sedikit permainan tanya jawab buat pembaca mengenai perubahan yang paling mencolok pada penguin v.2.0 ini terutama dalam hal pemasangan backlink.

Permainannya kira-kira seperti ini; anggap saya sebagai pemilik situs/webmaster dan pembaca sebagai google penguin, jika saya mempunyai sebuah situs dengan kriteria sebagai berikut:

Nama situs : www.rangkong.com
Brand : Rangkong
Anchor : Satwa Unik

Maka pertanyaannya, bagaimanakah saya menuliskan backlink untuk situs tersebut?

Jangan menuliskan backlink menggunakan anchor
Yang pertama saya akan tuliskan link dari situs tersebut seperti ini: url www.rangkong.com dibungkus dengan anchor "satwa unik". Bagaimana menurut penilain pembaca yg disini berperan sebagai google penguin? Jawabannya jika saya adalah penguin v.2.0 maka saya akan mengatakan ini link spammer, karena link ini bukan link natural (link yang ditulis oleh webmaster/pemilik web lain dengan acuan artikel Anda pada web Rangkong). Mengapa bisa begitu? Karena secara logika, apakah ada user lain/webmaster lain yang menuliskan link web Anda yang dibungkus oleh niche Anda kalau bukan Anda sendiri? Seandainya ada user lain yang menuliskan link seperti itu untuk web Anda, bisa dijamin pasti orang yang memasang link web Anda di webnya dengan menggunakan niche adalah user yang sedang melakukan jual beli backlink atau sedang melakukan link excghange, dan itu juga termasuk dalam penilain spammer pada penguin v.2.0. Jadi bisa dikatakan bahwa penulisan backlink dengan menggunakan anchor ini sudah tidak berlaku lagi pada alogaritma penguin v.2.0, jika pembaca ada yang masih ragu, silahkan dicoba membuat link di dofollow web dengan menggunakan anchor ini, dan perhatikan perkembangan traffic web anda selang 2-3minggu kemudian?

Lalu seandainya kita punya lebih dari satu situs dan kita kaitkan apakah termasuk link exchange yang melanggar atau tidak? Jawabannya tidak, karena bisa dilihat/dicek dari pemilik web (who is) bahwa nama Anda sendiri pemiliknya sehingga tidak bisa dikatakan melanggar peraturan. Cuma disini perlu diingat, jika kita memiliki lebih dari 20 website sebaiknya jangan kita link secara bersamaan apalagi web yang satu dengan web yang lainnya tidak saling berkaitan. Berbeda lagi jika kita adalah seorang pembuat template yang sering kita bagi-bagikan gratis, maka di setiap web yang menggunakan template tersebut akan terdapat credit yg menuju web kita, hal ini tidak akan di anggap spammer oleh penguin karena format tempalate dan kepemilikan credit bisa dilihat, dan jangan lupa untuk penulisan credit sebaiknya gunakan nama lengkap anda sendiri atau menggunakan nama brand, jangan sekali-kali menggunakan anchor. Dan satu lagi sedikit info mengenai situs-situs dofollow yang sudah terlanjur di penuhi para spammer dengan menggunakan penulisan anchor ini biasanya bakal ikut kena banned juga.

Ok, sekarang penulisan link kedua saya menggunakan format seperti ini; url www.rangkong.com dan dibungkus dengan brand web tersebut yaitu "rangkong". Bagaimana menurut pembaca? Yang pasti ini adalah cara terbaik di mata google karena disini kita mencoba membangun nama brand kita agar lebih terkenal, tidak seperti contoh pertama yang meggunakan niche. Jika di buatkan contohnya yaitu seperti forum Kaskus, apakah teman-teman mengenal situs tersebut karena nichenya "Largest Indonesia Comunity" atau karena brand situs tersebut yaitu "Kaskus"?

Penggunaan nama brand untuk pemasangan backlink ini terbilang aman, karena dimata penguin sudah layak jika ada yang mengulas situs lain menggunakan nama brand, berbeda dengan niche yang secara logika adalah hal yang tidak mungkin dilakukan apabila ada situs yang mengulas situs lain tapi yang di perkenalkan adalah nichenya bukan brandnya. Jadi penulisan yang baik yaitu menggunakan brand kita, seperti biasa kalau ada yang tidak percaya, silahkan dicoba sendiri pada situs Anda dan bandingkan perkembangan traffic antara situs yang menggunakan backlink dibungkus niche dan situs yang menggunakan backlink dibungkus brand.

Penulisan berikutnya yaitu bagaimana jika yang di tulis hanya link url biasa seperti : www.rangkong.com/keindahan_burung_rangkong.html? Jawabannya sudah pasti ini juga termasuk pemasangan link yang baik, karena link terbuka tanpa dibungkus oleh niche atau brand dan langsung menuju ke situs kita merupakan link natural dimana link tersebut di anggap sebagai ulasan artikel atau sumber artikel. Tapi dari pengertian natural ini akhirnya banyak yang salah menggunakannya dimana link ditanam dan ulasan artikel di tanam di komentar forum atau pada komentar-komentar situs dofollow lainnya, padahal pada forum sudah menyediakan signature yang bisa dipasangin link kita, atau kalau pada situs biasa ada pada form komentar dimana disediakan nama, url dan email kita. Saran saya gunakanlah form url yang sudah tersedia, dan jangan menuliskan link anda sendiri di box komentar karena bisa di anggap spammer.

Sebenarnya jika mau diulas mengenai penguin v.2.0 ini masih banyak lagi selain penulisan backlink tersebut, tapi kebetulan yang saya amati baru mengenai penulisan backlink yang saya coba di beberapa blog saya sehingga yang bisa saya ulas sedikit disini hanya mengenai penulisan backlink saja. Untuk info yang lainnya silahkan teman-teman memaksimalkan pencarian artikel-artikel lain di mesin pencari yang membahas penguin v.2.0 ini, dan tidak lupa saya mengucapkan banyak terimakasih menyempatkan waktunya untuk membaca artikel pengamatan asal-asalan saya ini. Semoga bermanfaat.

Comments