IFTTT Web Tools Koneksi Aktivitas Anda

IFTTT Web Tools Koneksi Aktivitas Anda
Tidak bisa dipungkiri lagi jika pada jaman yang serba maju ini hampir setiap orang yang pernah menggunakan layanan internet pasti memilki berbagai macam account sosial media seperti twitter, facebook, path, instagram dan lain sebagainya. Kebetulan pada postingan kali ini saya ingin memberikan sedikit info mengenai tools yang bisa kita gunakan untuk memantau aktivitas pada sosial media yang kita ikuti. Tools ini diberi nama IFTTT yang merupakan kepanjangan dari kata "If This Then That" yang bisa diakses pada alamat berikut: www.IFTTT.com.


Tools ini bekerja sebagai penghubung antara sosial media yang satu dengan sosial media yang lain atau bisa juga dihubungkan dengan layanan blog, email, dan lain sebagainya. Kelebihan dari tools ini yaitu kita bisa menentukan bagian mana saja yang akan di share dari sumber sosial media lain atau di arsipkan sebagai email. Kelebihan user untuk bisa menyetting ini pada IFTTT disebut sebagai recepie (resep) yang bisa kita buat sesuai keinginan kita, dan perlu diperhatikan juga untuk membuat recepie yang akan di share sebagai sebuah postingan di blog (misal: blogger atau tumblr), teman-teman harus lebih berhati-hati dikarenakan jika yang di share memilki kesamaan format dengan sumbernya maka bisa jadi blog teman-teman malah dianggap sebagai AGC.

IFTTT sendiri pada saat ini sudah tersedia dalam berbagai aplikasi mobile seperti Iphone, Windows phone, dan Android. Sedangkan bagi teman-teman yang menggunakan PC bisa langsung akses pada alamat url yang sudah saya sebutkan diatas.

Berikut ini beberapa recepie yang mungkin berguna bagi teman-teman dalam menggunakan tools ini:

1. Koneksi antara twitter dan email. Jika yang dikoneksikan adalah account kita sendiri pasti teman-teman pembaca pada ngomong "useless", yup... karena setiap account twitter sudah pasti bakal memberikan notify ke email kita, tapi coba pikirkan kembali jika koneksi ini saya gunakan untuk memantau kegiatan anak saya yang sudah mulai mengenal sosial media, sudah pasti sangat berguna bukan? yang pasti kita bisa mengawasi semua kegiatan bersosial media anak-anak kita bahkan seluruh anggota keluarga kita termasuk pasangan kita. Sebagai contoh koneksikan twitter anak-anak kita dengan email pribadi kita dan gunakan recepienya pada update-an status maka setiap kali anak kita membuat status akan secara otomatis terkirim sebagai notify di email kita. Bisa juga account twitter pada koneksi IFTTT kita ganti dengan sosial media yang lain seperti facebook dll.
koneksikan twitter ke email menggunakan IFTTT

2. Koneksikan youtube dan tumblr blog. Kalau yang ini buat penggemar tumblr blog, dimana yang sering saya perhatikan mengenai tumblr ini sangat potensial dalam hal postingan photo dan video ketimbang dalam bentuk postingan artikel. Mengapa bisa saya sebutkan begitu, karena selama ini saya juga ikutan nge-blog di tumblr dan sampai detik ini belum ada yang pernah reblog atau likes artikel postingan saya di tumblr, sedangkan postingan yang berupa photo atau video yang pernah saya posting di tumblr hanya dalam hitungan menit sudah di reblog dan di likes berkali-kali oleh user lain yang bahkan saya tidak mengenal mereka itu siapa. Oleh sebab itu saya bisa mengatakan bahwa tumblr memilki potensi yang besar dalam hal photo dan video posting. Jadi jika punya video kreatif yang diupload di youtube kenapa gak sekalian di share aja sebagai postingan video di tumblr atau mungkin setiap photo yang kita upload di instagram bisa juga langsung share sebagai postingan photo di tumblr, pasti bakal ramai tumblrnya.
youtube ke tumblr
3. Nah kalau yang satu ini buat meningkatkan jumlah view kita di youtube jika kita memilki fanpage yang cukup ramai.
youtube ke fanpage fb
Sebenarnya masih banyak koneksi-koneksi lain yang bisa kita buat dengan recepie-recepienya sesuai kebutuhan kita baik itu dalam memantau aktivitas anak dalam bersosial media atau hanya untuk meningkatkan online marketing kita di dunia maya. Untuk melihat-lihat contoh-contoh koneksi dan recepie yang lainnya bisa langsung berkunjung ke alamat ini : https://ifttt.com/recipes

Comments