Stop & Delete User SSH yang Sedang Online

Setelah pada postingan sebelumnya saya berikan tutorial mengenai membagi SSH tunneling pada VPS untuk diberikan atau dijual ke user lain, sekarang pada postingan kali ini saya akan memberikan langkah-langkah untuk memberhentikan (Stop) user SSH yang sedang online dan menghapus (Delete) user yang sudah tidak melakukan perpanjangan sewa :D


Melihat User yang Online
OK, langsung saja! Untuk melihat user yang sedang online menggunakan SSH kita pada VPS, silahkan masuk melalui putty seperti biasa login sebagai root dan kemudian ketik perintah:

top

maka pada layar putty teman-teman akan nongol user-user yang lagi onlaine menggunakan SSH tunneling VPS Anda.

user online pada ssh


Memutus/Stop User Online
Seperti gambar diatas, setelah mengetikan perintah top maka akan nongol user ssh kita yg sedang online. Jika kita ingin memutus jaringan koneksinya (Stop koneksi) saat online menggunakan ssh kita, bisa dengan mengetikkan perintah dengan format sebagai berikut:

kill -9 nomor [PID]

sehingga jika saya ingin memutuskan/stop koneksi user "pace" pada gambar diatas maka perintah dengan format diatas saya tuliskan seperti berikut ini:

kill -9 16435

maka si user "pace" akan langsung disconnect dari ssh kita.


Delete User SSH
Sedikit berbeda dengan perintah kill diatas yang berfungsi untuk memutuskan/stop koneksi user ke ssh kita, sedangkan untuk men-delete permanen user pada ssh vps kita bisa dengan mengetikan perintah dengan format sebagai berikut:

userdel [ID User]

sehingga jika saya ingin menghapus user "pace" untuk seterusnya karena mungkin tidak membayar sewa ssh, maka perintah dengan format diatas akan saya tuliskan seperti ini:

userdel pace

maka si user "pace" tidak akan bisa konek lagi ke ssh saya :D

Ok kira-kira cuma itu saja sekilas pengetahuan buat control/manage ssh buat admin vps yang sedang dagang ssh :D Selamat mencoba.

NB: Tidak melayani pertanyaan internet gratis menggunakan ssh, karena pada postingan sebelumnya banyak yang kirim email dan tanya cara baypass provider, jadi buat pengunjung yang lagi hunting gratisan jangan disini, coba cari di tempat lain aja ya tong. So sorry! gak bisa bantuin, harap maklum :D

Comments

  1. ngapain juga pake dicreate kalau trus stop & delete, hehe, yang nyasar kemari pasti tertarik dengan ssh server dan iming-iming gratis, nice work !

    ReplyDelete
  2. dia siapa ? kalau ssh doank sih dari tahun 2001 dah maen sama "The Pure" sampai sekarang.

    ReplyDelete
  3. wkwkwkwk pasang foto disqusnya donk masbro ncang, masa dari kmrn masih telur terus :p

    ReplyDelete
  4. belum netes, susah banget nih, telor gajah kali :D

    ReplyDelete

Post a Comment