Sejarah Perubahan Logo Google

Apakah kalian sudah membuka search engine google hari ini (Rabu 02 September 2015)? Jika sudah, coba amati, ada yang berubah pada tampilan logo dari google hari ini.

Seperti yang di rilis blog webmaster central milik google, hari ini raksasa internet ini melakukan sedikit perubahan pada desain logonya. Logo baru google ini terlihat lebih simple tanpa ada pengaturan bayangan atau shadow seperti logo logo milik google sebelumya.

Perubahan logo baru pada tampilan google search engine hari ini 02 Sept 2015
Perubahan logo bentuk baru pada tampilan google search engine hari ini 02 Sept 2015

Pergantian dari logo lama ke logo desain baru ini dengan alasan dari google bahwa sebagai perkembangan dari mesin pencari mereka yang dulunya hanya berkosentrasi di perangkat sejenis pc atau laptop (desktop) dan kini telah beralih atau mengembangkan sayapnya hingga perangkat gadget lain seperti smartphone, tablet, dan lainnya.

Tidak hanya itu saja, logo search by voice yang biasanya ada pada kolom pencari bagian kanan juga ikut diganti. Logo bergambar mic (pengeras suara) ini diganti dengan penambahan warna khas google yaitu biru, merah, kuning dan hijau.

Animasi perubahan baru pada logo dari google saat ini
Animasi perubahan baru pada logo dari google saat ini

Jika kita melihat kembali ke belakang, pergantian logo pada google sudah terjadi sekitar 7 kali. Berikut ini record sejarah dari perubahan logo pada google mulai logo awal hingga logo yang saat ini baru diganti:

Logo di Tahun 1998 Google
Logo pada proyek lulusan Stanford University tahun 1998
Logo pada proyek lulusan Stanford University tahun 1998
Logo pertama kali ini digunakan oleh Larry Page dan Sergey Brin saat mempperkenalkan mesin pencari ini pada proyek lulusan Stanford University mereka.

Logo Tanggal 30 Agustus, tahun 1998 Google
Logo bulan Agustus 1998, merupakan logo awal lahirnya google doodle
Logo bulan Agustus 1998, merupakan logo awal lahirnya google doodle
Pada logo bulan Agustus di tahun yang sama ini merupakan awal munculnya google doodle's. Awalnya logo ini dipergunakan sebagai pesan bahwa team admin sedang tidak berada di tempat atau di luar kantor (out of office) dengan menambahkan doodle tanda silang menyerupai orang pada huruf "O" kedua di logo dari google. Doodle sendiri diartikan sebagai coretan atau gambar yang tak berarti pada logo ini.

Logo di Bulan September 1998 Google
Logo saat diperkenalkan ke publik dunia, masih ada tulisan versi Beta
Logo saat google diperkenalkan ke publik dunia, masih ada tulisan versi Beta
Logo yang digunakan google pada bulan ini merupakan logo dimana search engine ini mulai beralih menggunakan google.com dan mulai diperkenalkan ke publik dunia. Pada logo ini masih terdapat tulisan "Beta" version dimana berarti masih dalam tahap pengembangan.

Logo Bulan Mei, 1999 Google
Variasai desain logo dengan jenis huruf Catull pada google
Variasai desain logo dengan jenis huruf Catull pada google
Logo pada bulan mei tahun 1999 ini, google mencoba menggati desain logo search engine ini dengan jenis huruf Catull.

Logo Mei 2010 Google
Logo tahun 2010 dengan pengurangan bayangan atau shadow pada huruf
Logo tahun 2010 dengan pengurangan bayangan atau shadow pada huruf

Pada bulan mei tahun 2010, lagi-lagi logo dari search engine google ini mengalami perubahan. Kali ini, huruf logo brightensnya lebih dinaikan dengan bayangan/shadow juga berkurang.

Logo 2013 September Google
Desain huruf versi flat pada logo tahun 2013
Desain huruf versi flat pada logo tahun 2013

Di tahun 2013, tepatnya di bulan september, lagi-lagi logo dari search engine google ini mengalamai perubahan. Perubahan pada logo di tahun ini lebih pada typografi huruf yang flat dimana saat itu desain web maupun aplikasi lagi trending ke versi flat.

Logo pada Google yang Baru, 2 September 2015
Logo Baru 2 September 2015
Google dengan logo barunya di tahun 2015

Logo desain baru google yang saat ini dengan tema google dot and "G" family, merupakan perubahan desain logo dari google yang disebabkan perkembangan google saat ini dimana sudah menjamah hingga ke perangkat gadget. Tema logo family yang diusung ini menandakan bahwa goole saat ini tidak hanya fokus pada versi desktop saja melainkan hingga perangkat mobile yang diprediksi akan menjadi trend baru gaya hidup dibandingkan laptop dan pc kedepannya.

Itulah tadi sekilas tengtang perubahan logo pada raksasa mesin pencari google dari tahun ke tahun.

Comments