Terima Produk Gratisan Untuk di Review, Hati-hati Kena Penalty Google

Terima Poduk Gratisan Untuk di Review, Hati-hati Kena Pinalty Google
Pernah tidak kalian menerima sebuah produk yang diberikan gratis dari sebuah perusahaan dan kemudian sebagai imbalan mereka meminta review produk mereka di blog Anda dengan memberikan beberapa rujukan link? Kalau pernah, sebaiknya mulai sekarang wajib berhati-hati. Hal ini dikarenakan pada tanggal 11 Maret 2016, Google mengeluarkan warning bagi para blogger yang melakukan praktek review postingan untuk sebuah perusahaan dengan hadiah gratisan produk dari perusahaan tersebut.

Biasanya perusahaan seperti ini akan meminta review dari blog dengan reputasi bagus dengan imbalan produk gratis dari situs mereka, hadiah uang atau yang lainnya. Lalu bagaimana menyikapi kebijakan tegas google ini, berikut ini ada beberapa saran panduan review yang sebaiknya kalian lakukan jika sudah terlanjur membuat review perusahaan atau produk-produknya dengan imbalan barang gratis tersebut sesuai yang disarankan google:

Gunakan link tag nofollow
Penggunaan tag nofollow saat ini dianjurkan google bagi kalian yang telah melakukan revie dan menancapkan link produk/perusahaan yang minta di review. Sistem barter link dengan produk atau jasa perusahaan tadi dianggap google telah melanggar pedoman google terutama dalam skema link. Jadi wajib menyertakan tag nofollow pada link tersebut sebelum kena warning.

Lalu link apa sajakah yang menjadi perhatian google saat ini untuk wajib diberikan tag nofollow agar terhindar penalty. Berikut ini beberapa link yang wajib diberikan nofollow jika kalian melakukan praktek review barang gratis ini:

  1. Situs link perusahaan yang minta di buatkan review
  2. Link social media milik perusahaan tersebut, contohnya fanpage facebook, twitter, instagram dan lainnya
  3. Link halaman produk yang dijual, contoh halaman dagangan online
  4. Halaman link review jasa mengenai produk perusahaan tersebut. Sebagai contoh perusahaan "dokar(dot)com" memiliki halam review produk mereka yaitu "mobil dokar SUV" dan meminta kalian membuat riview dan menyertakan link ke halaman produk review mobil dokar SUV tadi.
  5. Aplikasi link milik perusahaan yang terdapat pada app store. Misalnya game "kastil-kastilan" minta di review blog kalian dan menyuruh memasang link aplikasi mereka di blog kalian dengan imbalan gift permata gratisan buat main game.
Kelima contoh link diatas merupakan link yang wajib kalian beri tag nofollow jika mereview perusahaan yang bersangkutan. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan google menganggap link tersebut bukan link organik, dalam artian link tersebut tidak akan tercipta di blog Anda jika perusahaan tidak menawarkan gratisan produk mereka. Lalu bagaima google bisa tau jika link tersebut sedang melakukan praktek gratisan?

Sedikit berpendapat sesuai pemikiran saya (entah benar atau tidak) bisa jadi google tahu dari frekuensi link tersebut yang diindeks perhari jumlahnya semakin bertambah drastis sehingga google bisa menyimpulkan jika ada yang tidak beres dengan link tersebut. Misalnya situs dokar(dot)com memiliki halaman review produk mereka "mobil dokar SUV" yang jarang dikunjungi pengunjung. Kemudian di hari-hari berikutnya tercatat indek link ke halaman mobil dokar SUV yang tercatat di google data meningkat tajam perharinya dan berasal dari berbagai situs maupun blog. Sudah tentu ini menjadi sebuah pertanyaan yang wajib dicari tahu oleh tim web spam google dan akan mengambil keputusan penalty atau tidak.

Menjelaskan Konten Ber-sponsor
Langkah berikutnya yaitu google ingin kalian mengungkapkan kepada pembaca konten blog Anda bahwa artikel yang dibaca adalah artikel ber-sponsor atau di sponsori oleh suatu perusahaan entah itu dengan pemberian jasa gratisan atau barang-barang lainnya. Ada hukum beberapa negara yang memang mewajibkan untuk menjelaskan bahwa konten yang lagi dilihat pengguna adalah konten ber-sponsor. Disclosure atau ungkapan pernyataan ini wajib disertakan dalam konten postingan blog ketimbang penalty melayang.

Sedangkan posisi penempatan yang paling tepat untuk disclosure adalah di bagian atas dari artikel Anda menurut google. Sebagai contoh jika kalian membuat blog di blogger atau wordpress yang bukan self hosting, biasanya dibagian bawah ada pernyataaan tulisan "Powered by: blogger" atau "Powered by: Wordpress" itu menandakan bahwa template maupun hostingan kalian adalah gratis dari mereka (walaupun sebenarnya bisa dihilangin juga ) :D

Konten Unik
Lagi-lagi masalah konten unik, pasti semuanya sudah pada bosen dengar istilah yang satu ini. Namun bagaimanapun juga konten tetaplah raja. Jadi biar gak kena tudingan duplikasi dan akhirnya di penalty, sebaiknya konten yang kita buat benar-benar unik. Unik disini bukan berarti mencari hal-hal yang unik-unik untuk ditulis, misalnya ada ayam makan kucing dan lain sebagainya (kalau itu bukan unik tapi aneh :D )

Mengapa harus unik? Dikarenakan saat Anda diminta untuk melakukan review dengan hadiah gratisan tadi biasanya perusahaan ada yang minta dituliskan deskripsi produk tersebut sesuai yang mereka inginkan, sehingga antara konten blog milik si A dengan konten blog si B akan sama isinya (resiko penalty besar). Itulah mengapa google tetap menyarankan kalian untuk membuat konten yang unik agar bisa tetap mendatangkan pengunjung.

Oke, itu saja saya kira cukup, beberapa point yang wajib kalian perhatikan jika doyan review dengan hadiah barang gratisan agar gak terkena penalty. Btw kalau blog kontes SEO gimana ya? (Kalau itu silahkan dijawab sendiri-sendiri saja, soalnya saya juga gak mau mengusik para penggemar kontes SEO hehehe..)

Rujukan:
Best practices for bloggers reviewing free products they receive from companies: https://webmasters.googleblog.com/2016/03/best-practices-for-bloggers-reviewing.html

Comments