Menulis Internal Link, Code, dan Garis Menjadi Lebih Mudah Dengan Wordpress 4.5 (Coleman)

Punya situs menggunakan cms wordpress? Tepatnya 13 bulan April 2016, wordpress melakukan update ke versi 4.5 yang diberinama "Coleman". Lalu apa saja yang berubah dari versi wordpress terbaru ini?

Dalam versi Coleman 4.5 wordpress menambahkan fitur-fitur shortcode baru untuk mempermudah kita dalam penulisan. Sebagai contoh dalam penulisan link, bagi kalian yang pernah menulis di halaman wikipedia saat membuat artikel di wiki kita tinggal menuliskan simbol seperti: [[kucing]] maka secara otomatis kata kucing tadi akan langsung di link ke halaman artikel tentang kucing di wikipedia.

Pada updetan terbaru wordpress kali ini kita juga bisa membuat link tanpa harus repot melakukan copy paste link yang dimaksud, cukup denga mengetikan kata yang mau di link maka secara otomatis akan keluar pilihan artikel kalian terkait kata-kata tersebut yang ingin di link. Perhatikan animasi pembuatan link wordpress berikut ini:

cara terbaru membuat sebuah link pada wordpress
cara terbaru membuat sebuah link pada wordpress (klik untuk perbesar gambar)
Selain link menjadi mudah ditulis, kita juga lebih mudah menulis sebuah code. Sebagai contoh dalam penulisan code biasanya kita menggunakan tag seperti <code> agar code tetap terbaca. Pada wp coleman 4.5 ini kita cukup dengan menuliskan tanda (`) diantara kata-kata yang mau di blok sebagai code. Lihat gambar animasi berikut untuk penerapannya:

membuat blok code (perbesar gambar dengan klik)
membuat blok code (perbesar gambar dengan klik)
tombol simbol yang digunakan untuk blok code (ingat bukan tanda kutip)
tombol simbol yang digunakan untuk blok code (ingat bukan tanda kutip)

Juga untuk membuat garis kita tinggal mengetik (---) simbol garis 3x maka akan terbentuk garis lurus di halaman postingan kita. Perhatikan ilustrasi gambar berikut:
cara membuat garis di wordpress
cara membuat garis di wordpress
Cukup mudah bukan menulis dengan wp updatean baru ini? Kita bisa lebih menjadi cepat menulis maupun melakukan internal link tanpa harus bersusah payah menelusuri artikel lama kita untuk di copy paste url linknya. Selamat mencoba

Comments